Pasang Iklan Disini

Thursday 26 November 2015

Ingin Usaha Tanpa Modal? Ini Cara Ampuhnya

Business

Business, Siapa si yang tidak ingin punya usaha sendiri? Apalagi usaha tanpa modal, waaw... pingin banget rasanya.

Nah buat anda yang sudah menggebu-gebu ingin punya usaha sendiri tapi modalnya belum juga mencukupi, tips-tips di bawah ini semoga bisa menjadi referensi dan informasi tambahan buat anda.


Kita hanya perlu meluangkan sedikit waktu kita untuk mempromosikan barang dagangan kita, kemudian bersiaplah untuk mengumpulkan pendapatan sedikit demi sedikit tapi lama-lama menjadi bukit di bisnis ini.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar bisa berbisnis tanpa mengeluarkan modal. Berikut beberapa cara yang bisa anda jalankan:

1. Makelar / Broker
2. Dropshipping
3. Affiliate
4. Bekerja sama dengan penanam modal
Kali ini saya mau bahas tentang Makelar terlebih dahulu,


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Makelar adalah orang atau badan hukum yang berjual beli barang atau sekuritas untuk orang lain berdasarkan komisi.

Makelar yang baik, tidak akan mengubah harga dasar yang diberikan oleh pemilik barang yang akan dijual, karena Makelar akan mendapatkan komisi sebesar 2.5% dari total harga penjualan atau tergantung kesepakatan sebelumnya.

Makelar tidak perlu membeli barang dari penjual terlebih dahulu. Untuk menjadi seorang makelar, anda hanya harus mengetahui kondisi barang yang hendak anda makelari tersebut dengan sebenar-benarnya.

Yang perlu anda ingat adalah bahwa penjualan tersebut masih mengatasnamakan pemilik barang yang sebenarnya.

Contoh kasus:

Pak Andi menjual rumah mewahnya seharga Rp 1,505 Miliar.

Pak Mahfud menawarkan diri kepada Pak Andi untuk membantu penjualan rumah tersebut. Oleh karena itu, Pak Mahfud menanyakan berbagai macam informasi mengenai rumah Pak Andi, mulai dari surat-surat, usia bangunan, Luas tanah, jumlah kamar, sistem penjualan, harga dan lain sebagainya. Pak Mahfud dan Pak Andi bersepakat bahwa komisi yang akan diterima oleh Pak Mahfud jika rumahnya terjual adalah sebesar 2,5%.

Setelah semua informasi dirasa cukup, Pak Mahfud menawarkan rumah tersebut kepada Bu Renata. Ternyata Bu Renata tertarik untuk membelinya

Pak Mahfud kemudian mengajak Bu Renata menemui Pak Andi dan didapati kesepakatan bahwa Rumah tersebut terjual dengan harga  Rp 1,5 Miliar. Setelah proses jual beli selesai, Pak Andi memberi komisi kepada Pak Mahfud sebesar 37,5 Juta.


 Dari contoh kasus di atas dapat kita simpulkan bahwa,
  • Makelar adalah perantara jual beli.
  • Makelar tidak boleh me-Mark Up  harga jual yang sudah ditentukan oleh pihak penjual.
  • Dengan adanya makelar, pihak penjual dan pembeli harus sama-sama diuntungkan.
  • Jangan anggap remeh pekerjaan ini karena biarpun komisinya terlihat kecil tapi hasilnya bisa untuk menutupi gaji setahun pekerja kantoran.
Dalam agama Islam, komisi untuk Makelar dihalalkan, dengan catatan bahwa harga jual tidak dinaikkan untuk menutupi besarnya komisi makelar tersebut. Islam menghalalkan transaksi jual beli yang tidak merugikan salah satu pihak.

KELEBIHAN JADI MAKELAR :
  • Relasi luas
  • Makelar yang sukses cenderung lebih mudah dipercaya orang lain.
  • Semakin banyak barang terjual, semakin besar pendapatan anda.
  • Tidak perlu membeli persediaan barang, cukup mengumpulkan persediaan informasi barang
KEKURANGAN JADI MAKELAR :
  • Bagi para pemula, mencari relasi dan pelanggan adalah hal yang tersulit
  • Jika kita tidak pandai menjalin relasi, kemungkinan pendapatan kita akan jeblok
  • Rasa malu bisa membuyarkan impian menjadi makelar sukses.
TIPS JADI BROKER / MAKELAR SUKSES :
  • Bangun relasi sebanyak dan seluas-luasnya. Jangan jadi orang yang sombong, bahkan orang yang menurut anda tidak penting pun bisa menjadi prospek penghasilan anda suatu saat nanti.
  • Jeli melihat peluang. Terkadang kita melihat tulisan yang nempel di lokasi-lokasi tertentu, yang menyatakan bahwa barang yang sedang ditempeli tulisan tersebut akan dijual. Hubungi saja Contact person yang tertera di papan/spanduk itu. Ajak orang tersebut kerja sama, utarakan keinginan anda untuk dapat membatu orang tersebut menjual rumah, motor, mobil, bahkan sepedanya. Jangan lupa, gali informasi selengkap-lengkapnya dan catat di buku khusus.
  • Jangan pernah malu untuk bertanya dan menawarkan. Kalau anda malu, bagaimana barang-barang tersebut bisa laku, lalul bagaimana cara anda bisa dapat komisi.
  • Jangan pernah me-Mark Up harga dasar dari penjual, karena itu hukumnya Haram.
  • Sering-sering baca kolom iklan di koran, media sosial, e-commerce dan tempat orang memasang iklan lainnya, barang kali salah satu di antara mereka ada yang mau bekerja sama dengan anda.
  • Sediakan Nomor HP khusus untuk kegiatan ini. Jangan gonta-ganti nomor tersebut. Jadilah makelar yang selalu bisa dihubungi.
  • Jangan pantang menyerah. Pada permulaannya, pasti dirasa sangat berat mencari suplier dan customernya. Tapi kalau kita mau menekuninya, kita pasti bisa. Ingatlah, bahwa keberhasilan adalah kesempatan yang bertemu dengan kesiapan. Jika anda sudah siap tapi belum dapat kesempatan, maka bertahan dan tetap berusaha hingga kesempatan itu datang. Tapi jika kesempatan datang di saat anda belum siap, maka sudah pasti akan gagal hingga anda sudah siap dan kesempatan itu datang kembali. Begitulah seterusnya.
  • Sholat dhuha jangan sampe terlewatkan.

Miracle Happen Everyday

Selanjutnya saya akan bahas Usaha Tanpa Modal dengan cara Dropshipping dan Affiliate. Kalau saya bongkar disini semua, saya takut anda bosan baca artikel yang panjaaaaaaaaaaaaang sekali. Jadi cukup sampai disini dulu ya untuk Makelarnya.

Demikian sedikit yang bisa saya bagi kepada sobat-sobat sekalian. Kalau ada kesalahan mohon dikoreksi, mau kritik, mau saran, atau sekedar sharing silahkan di kolom komentar. Mohon untuk berkata yang sopan dan tidak nebarin spam ya.

Jangan Lupa Follow me dan Share Post ini jika anda suka. Anda juga bisa subcribe artikel-artikel dari blog saya untuk bisa mendapatkan informasi terbaru seputar banyak hal.

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Follow My SosMed

Instagram
Designed By Blogger Templates